BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya sistem
aplikasi komputer pembelajaran (aplikasi edutaiment) Teknologi
komputer kini telah berkembang dengan sangat cepat, baik dari segi perangkat
lunak (Software) maupun
perangkat keras (hardware),
mulai dari aplikasi yang berbentuk sederhana dan sangat canggih sehingga dapat
di akses secara mudah dan dapat digunakan
secara praktis. Perkembangan komputer ini di ikuti dengan semakin
banyaknya penerapan di dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk salah satunya
sebagai sarana pendidikan.
Perkembangan teknologi
saat ini telah melahirkan komputer yang dihubungkan pada isi sistem yang
tersedia sehingga menjadikannya sebagai salah satu sumber media informasi dan
telekomunikasi, sehingga menjadi suatu unsur yang penting untuk mendapatkan
informasi pada saat ini
Dengan meningkatnya kebutuhan media
pembelajaran untuk pendidikan anak usia taman kanak-kanak dengan komunikasi yang berisikan pengenalan huruf alfabet ,angka dan penggenalan gambar, maka
banyak sekali pembelajaran di taman kanak-kanak masih menggunakan sistem secara
manual dan di terapkan oleh sekolah tersebut. Namun bagi sebagian orang
keterbatasan waktu untuk belajar menyebabkan kendala terhambatnya pencapaian
tujuan. Dengan media pembelajaran secara komputerisasi dapat memberikan efek
yang sangat praktis yang dapat di terapkan di dalam sekolah tersebut.
Berdasarkan permasalahan diatas,
penulis mencoba membuat suatu aplikasi pengujian pembelajaran dasar untuk taman
kanak-kanak, yang disebut sebagai ‘Pembelajaran Dasar Menggunakan Aplikasi
VB.NET’, disamping itu penulis mencoba membuat suatu aplikasi untuk media pembelajaran yang sangat praktis.
Karena pemakaian aplikasi yang baru sehingga dapat dipakai oleh para user
dengan cara yang praktis, maka dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan
meningkatkan efektifitas dan efisiensi serta menumbuhkan minat untuk mencoba.
1.2 Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan ini adalah penulis
mencoba membuat suatu
aplikasi
media pembelajaran dasar untuk taman
kanak-kanak berbasis VB.NET yang digunakan untuk memberikan suatu
kepraktisan dan efisiensi pembelajaran.Pada pembelajaran taman kanak-kanak
user menggunakan bahasa pemrograman
VB.NET yang sangat sederhana dan praktis untuk aplikasinya, dan menggunakan
ACSESS untuk database report.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah penulis mencoba
membuat suatu program aplikasi pembelajaran dasar untuk taman kanak-kanak yang
dapat membantu dalam proses peembelajaran dengan mudah dan untuk membantu pembuatan pengenalan media
pembelajaran dengan menggunakan database yang dinamis.
1.4 Metode Penelitian
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis mengumpulkan
data yang diperlukan untuk
menyelesaikan
penulisan ini dengan metode :
v Metode
Pustaka
Pada metode ini penulis mempelajari beberapa tutorial mengenai aplikasi moodle, serta mengumpulkan data melalui internet yang diperlukan untuk membantu tersusunnya penulisan ilmiah ini.
v Perangkat
Keras
·
Intel® Atom™ N570(1.66Ghz, 1MB L.2 cache)
·
Memory RAM 256 Mb
·
AGP 64 Mb
·
Harddisk 320GB HDD
·
Monitor 14”
·
Keyboard dan Mouse standard
v Perangkat Lunak
·
VB.Net 2008
·
Microsoft Acsess 2007
1.5 Sistematika
Penulisan
Sistematika
penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut :
v
Bab 1
merupakan pendahuluan yang menjelaskan latar belakang masalah, batasan
masalah,
tujuan penulisan ilmiah, metode penulisan yang digunakan dan
sistematika
penulisan.
v Bab 2
membahas tentang landasan teori yang digunakan.
v Bab 3
berisi perancangan dan pembuatan aplikasi program pembelajaran, diantaranya
gambaran umum program, identifikasi, rancangan input/output pembuatan program
aplikasi pembelajaran system, termasuk di dalamnya alur program secara umum,
dan pembuatan struktur database.
v Bab 4
adalah bab penutup yang merupakan kesimpulan dari pembahasan bab-bab sebelumya
disertai dengan saran-saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar