Sabtu, 24 Maret 2012

REVISI BAB 1


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Pada dasarnya sistem aplikasi komputer pembelajaran (aplikasi edutainment) Teknologi komputer kini telah berkembang dengan sangat cepat, baik dari segi perangkat lunak  maupun perangkat keras , mulai dari aplikasi yang berbentuk sederhana dan sangat canggih sehingga dapat diakses secara mudah dan dapat digunakan  secara praktis. Perkembangan komputer ini diikuti dengan semakin banyaknya penerapan di dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk salah satunya sebagai sarana pendidikan.

Perkembangan teknologi saat ini telah melahirkan komputer yang dihubungkan pada isi sistem yang tersedia sehingga menjadikannya sebagai salah satu sumber media informasi dan telekomunikasi, sehingga menjadi suatu unsur yang penting untuk mendapatkan informasi pada saat ini.

Dengan meningkatnya kebutuhan media pembelajaran untuk pendidikan anak usia taman kanak-kanak  dengan komunikasi yang  berisikan pengenalan huruf  alfabet , angka dan penggenalan gambar, maka banyak sekali pembelajaran di taman kanak-kanak masih menggunakan sistem secara manual dan diterapkan oleh sekolah tersebut. Namun bagi sebagian orang keterbatasan waktu untuk belajar menyebabkan kendala terhambatnya pencapaian tujuan. Dengan media pembelajaran secara komputerisasi dapat memberikan efek yang sangat praktis yang dapat di terapkan di dalam sekolah tersebut.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Penulis mencoba membuat suatu aplikasi pembelajaran dasar untuk awal setingkat taman kanak-kanak. Penulis mencoba membuat suatu aplikasi untuk  media pembelajaran yang sangat praktis. Aplikasi ini diharapkan dapat dipakai oleh user dengan cara yang praktis. Aplikasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat untuk belajar.





     1.2  Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan ini adalah mencoba membuat suatu aplikasi media pembelajaran dasar untuk awal setingkat taman kanak-kanak berbasis VB.NET dan Macromedia Flash 8.Pada pembelajaran taman kanak-kanak, Penulis aplikasi ini hanya menampilkan huruf alphabet, angka, serta gambar yang menarik berikut animasi dan suara yang ditampilkan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET dan Macromedia Flash 8 yang sangat sederhana dan praktis untuk aplikasinya.



1.3  Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan ini adalah membuat suatu program aplikasi pembelajaran dasar untuk tingkat taman kanak-kanak yang dapat membantu dalam proses peembelajaran dengan mudah.


1.4  Metode Penelitian

Dalam penulisan ilmiah ini, Penulis mengumpulkan data yang diperlukan untuk
menyelesaikan penulisan ini dengan cara :
1.      Tahap Pembuatan Aplikasi
Pada tahap ini penulis membuat dan merancang semua aplikasi yang akan dibuat, tahapan yang akan di buat adalah sebagai berikut :
-          Merancang Input / Output Aplikasi
Pada rancangan ini akan muncul data yang dimasukkan dan data keluaran yang ditampilkan.
-          Coding Program
Pada setiap aplikasi yang dibuat akan dimasukkan beberapa contoh coding.
-          Implementasi dan Uji Coba
Implementasi merupakan realisasi dari spesifikasi teknis atau algoritma sebagai aplikasi melalui pemrograman serta uji coba terhadap para user.

2.      Metode Pustaka
Pada metode ini Penulis memelajari beberapa tutorial mengenai aplikasi VB.NET dan Macromedia Flas 8, serta mengumpulkan data melalui internet yang diperlukan untuk membantu tersusunnya penulisan ilmiah ini.

3.      Perangkat Keras
-          Intel® Atom™ N570(1.66Ghz, 1MB L.2 cache)
-          Memory RAM 256 Mb
-          AGP 64 Mb
-          Harddisk 320GB HDD
-          Monitor 14”
-          Keyboard dan Mouse standard

4.       Perangkat Lunak
-          VB.Net 2008
-          Macromedia Flash 8
1.5  Sistematika Penulisan
           
Sistematika penulisan ilmiah ini terdiri dari empat bab :

Bab 1

Pada bab ini merupakan pendahuluan yang menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan ilmiah, metode penulisan yang digunakan dan
sistematika penulisan.

Bab 2

Pada bab ini Penulis membahas tentang landasan teori dan tinjauan pustaka yang digunakan.

Bab 3

Pada bab ini berisi perancangan dan pembuatan aplikasi program pembelajaran, diantaranya gambaran umum program, identifikasi, rancangan input/output pembuatan program aplikasi pembelajaran system,implementasi dan uji coba termasuk di dalamnya alur program secara umum.

Bab 4

Pada bab penutup yang merupakan kesimpulan dari pembahasan bab-bab sebelumya disertai dengan saran-saran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar